Zac on strike!

Standard

Image

illustrated by @nandraa

 

Pelajaran yang sangat berharga buat saya yang menjadikan ngomel sebagai hobi. Jadi ceritanya seminggu yang lalu, Zaccheo yang sedang tumbuh giginya dengan iler yang bisa buat ngempel lantai & bengkak gusi tidak menunjukan gejala apa-apa, bahkan makannya pun masih hap-hap seperti biasa. Suatu malam, saat saya menyusui Zac, Kenzie yang sibuk menguras energinya di atas kasur dengan lompat-lompatan tiba-tiba jatuh, reflek saat itu saya teriak “Kenzie hati-hati!” mendadak Zac yang lagi asyik menghisap langsung melepas dan nangis kejer banget, sampai di situ saya belum menemukan gejala apa pun sampai saat Zac menggigit puting seperti biasanya bayi yang sedang tumbuh gigi, karena saat dulu selama menyusui Kenzie, dia tidak pernah menggigit, dan lagi – lagi tiap anak berbeda yah, saya kaget dan kembali teriak karena sakit. Besok paginya, ternyata Zaccheo seperti trauma dan mogok menyusu selama hampir 3 hari, sedih banget tiap kali ditawari, dia cuma pegang sambil liat muka saya (mungkin di angetes, apa saya masih kesakitan karena gigitan dia kemarin). Sampai tiap tidur malam saya selalu minta maaf sambil berbisik di telinga Zac yang sedang tidur, saya nangis (lebay ya) karena langsung kepikiran, masa cuma sampai 9 bulan sih nyusunya? saya nggak rela😦

Tiap malam selama Zac berhenti menyusu, saya siapkan ASI perah untuknya, pernah stu malam saya lupa menyiapkan, lalu sepanjang malam Zac nangis sambil pegang gelasnya duduk di sebelah saya yang sedang mompa, mirip anak yang lagi nunggu jatah :p

Saking sedihnya saya cerita deh di twitter, saat itu ada komen dari @alyahzie “sabar yah” itu saja yang saya pegang, ternyata kalimat sabarnya Ifa beneran berefek loh, saya beneran sabar setiap saat ada kesempatan saya tawarkan terus sambil mengusap kepala zac atau mencium keningnya sebagai permintaan maaf.

Dan semalam, akhirnya dengan sadar, Zac pun mau menyusu kembali sambil pegang-pegang tangan saya, surga banget rasanya. Alhamdulillah. Ternyata nursing strike itu bukan cuma sekedar masalah tumbuh gigi/sariawan/sakit ya, tapi bisa karena psikologis.

Semoga perjalanan menyusui Zaccheo bisa lanjut lagi sepanjang (mungkin lebih panjang) seperti saat menyusui Kenzie.

Leave a Reply

