Custard Pudding (yang tidak biasa)

Standard

Bikin custard pudding mungkin biasa, tapi kalau masaknya dengan cara yg beda, jadi ga biasa dong :p yuk diintip!

Bahan Caramel:

2 sdm gula
1 sdm air untuk direbus bersama gula
2 sdm air panas untuk ditambahkan setelah masak

Bahan Pudding:

2  butir telur, pilih yg kecil ya
250 ml susu
4 sdm gula
Unsalted butter untuk lapisan

Cara Membuat:

1. Oles 4 cup puding dengan unsalted butter, ini gunanya agar puding mudah dikeluarkan dari cetakan. Jadikan langkah ini sebagai langkah pertama ya, karena saat karamel sudah masak, tidak bisa menunggu lama, harus langsung dituang ke cup.
2. Caramel: Masukkan gula+ 1 sdm air di dalam panci, rebus di atas api kecil smp kecoklatan, saat menyalakan api, aduk gula dengan air sebentar, setelahnya jangan diaduk-aduk lagi, supaya hasilnya kecoklatan merata, saat warnanya sudah berubah coklat, goyang-goyangkan panci, nggak perlu diaduk dengan sendok. Setelah rata, matikan api.
3. Masukkan air panas 1,5-2 sdm ke dalam panci karamel, goyangkan panci agar merata, langsung tuang karamel ke dalam cup puding yang telah dioles butter. Sisihkan.

4. Nah ini cara masak yang nggak biasa,tidak menggunakan kukusan/oven atau teknik Au Bain Marie yang biasa digunakan untuk membuat custard pudding. Isi wajan dengan air hingga memenuhi setengah bagian wajan, taruh handuk mandi bersih atau wash lap di bagian dasar wajan, panaskan hingga mendidih. eh, kok pake handuk? emang mau facial? :p ini tip lagi, handuk ini gunanya untuk menstabilkan panas di bagian dasar wajan, sehingga air yang ada dalam wajan tidak mudah habis.

5. Kocok 2 butir telur di dalam mangkuk, nah tipnya supaya hasil puding nanti teksturnya lembut, kocok telur dengan balloon whisk, atau sumpit, mengaduknya usahakan tidak terlalu kuat dan kocokannya selalu berada di dasar mangkuk (jangan heboh sambil diangkat – angkat ala tukang martabak, apalagi sambil Gangnam style, sungguh jangan dilakukan)

6. Sementara, panaskan susu cair bersama gula pasir, didihkan sebentar hingga gula larut bersama susu. Matikan api, masukkan ke dalam kocokan telur, ratakan. Tuang adonan ke dalam gelas ukur atau gelas bercerat dengan saringan di atasnya. Lagi – lagi ada tipnya, kenapa disaring? gunanya supaya tekstur puding halus.

7. masukkan adonan yang telah disaring ke dalam cup yang telah diisi karamel. Tutup cup puding dengan lembaran alumunium foil. Masukkan cup ke dalam wajan+air+handuk yang sudah dipanaskan (langkah no.4) Rebus selama 20-30 menit atau sampai adonan mengeras. Oia usahakan air di dalam wajan setinggi setengah bagian cup, dan jangan mengisi ulang air di dalam wajan, agar temperatur di dalamnya tidak berubah, dan hasilnya baik.

8. Lepas puding dari cup, sajikan dingin dengan potongan buah di atasnya. Selamat mencoba😀

– @nandraa –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s