Postmodern Mama

Standard

Bio gue di twitter dan signature gue adalah “Postmodern Mama”

Apa itu postmodern? Sebenarnya kata ini gue dapatkan dari bangku kuliah gue, sependek yang gue tau, postmodern atau pasca modern adalah masa setelah jaman modern sekitar tahun 1800an, awalnya istilah ini dipopulerkan oleh sejarawan Inggris, Arnold Toynbee. Postmodern menjadi paradigma baru semacam pemikiran yang melawan zaman modern. Dari hasil googling yang gue dapatkan makna sesungguhnya dari postmodernisme mengatakan bahwa tidak ada kebenaran universal yang valid untuk setiap orang. Individu terkunci dalam persepktif terbatas oleh ras, gender, dan grup etnis masing-masing.

Apa hubungannya dengan bio gue? kenapa gue mau melabelkan diri gue sebagai postmodern mama? karena aliran postmodern menggunakkan gaya dari periode masa lalu dengan cara menggabungkannya dan mengembangkannya. Cukup sampai disitu pemahaman dan penyamaan label gue dan aliran Postmodern. Sama halnya dengan cara gue dalam mendidik anak, tidak menolak mentah-mentah ajaran orang tua, tapi juga tidak serta – merta menerimanya.

Kehidupan berubah, jaman terus berkembang seiring ilmu dan penelitian, oleh karenanya gue pernah bilang, jangan anggap ibu muda atau ibu baru tidak mengerti soal parenting kadang justru ibu muda lebih banyak mengetahui perkembangan jaman dalam dunia orang tua.

Salah satu contoh yang paling dasar dalam membesarkan anak adalah pemberian ASI, dari jaman dulu orang tua kita menyusui kita, bahakan jarang yang memberikan susu formula tanpa alasan, tapi tidak juga gue terima pemikiran kalau ASI saat anak semakin besar juga kuantitas dan kualitasnya berkurang. Banyak lagi hal – hal yang masih kita dengar seputar mitos parenting seperti “bau tangan” (really, there’s no such a thing called bau tangan, ada juga bau ketek) mereka cuma butuh pelukan hangat dari ibunya, bukan karena sering digendong jadi keenakan.

Leave a Reply

